• info@akfarcefada.ac.id
  • (0721) - 774471
WORKSHOP: PENGOLAHAN DATA SPEKTROFOTOMETRI UV-VISIBLE BIDANG FARMASI

Cefada 27/06/2021 Telah terlaksana kegiatan workshop online Pengolahan Data Spektrofotometri UV-Visible untuk Analisis Kualitatif dan Kuantitatif Dalam Bidang Farmasi, yang diselenggarakan oleh Akademi Farmasi Cendikia Farma Husada (Akfar Cefada), Bandar Lampung (27/06/21). Tujuan dari workshop ini adalah meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam mengolah data Spektrofotometri UV-Visible.

Akfar Cefada mengundang Dr. apt. Syaikhul Aziz, S.Far., M.Si., dosen Famasi Institut Teknologi Sumatera (ITERA) sebagai pemateri. Dalam sambutannya Direktur Akfar Cefada, apt. Ardiansyah Kahuripan, S.Farm., M.Si menyampaikan harapan agar kegiatan kolaborasi antar perguruan tinggi seperti ini bisa terus dilakukan secara berkala.

Peserta workshop tidak hanya berasal dari perguruan tinggi yang ada di Bandar Lampung, tapi juga dari daerah lain seperti Universitas Padjajaran, Universitas Surabaya, Universitas Sriwijaya, Universitas Muhammadiyah Bandung, dan lain-lain.

Acara dibatasi hanya untuk 100 orang peserta. Workshop dimulai dengan pre-test, kemudian pemaparan teori dasar seputar Spektrofotometri UV-Visible dan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan latihan. Saat sesi latihan, peserta dibagi menjadi 15 kelompok kecil dalam breakout room, saling berdiskusi dan diarahkan langsung oleh pemateri. Peserta sangat antusias, dan saling berpacu untuk bisa menyelesaikan soal Latihan dengan cepat. Di akhir acara dilakukan post test untuk menilai sejauh mana pemahaman peserta terhadap materi yang telah disampaikan. Erna Rahmawati, salah satu peserta menyampaikan bahwa pemaparan dari pemateri sangat mudah dipahami dan berharap acara seperti ini bisa dilaksanakan kembali. (im)

Komentari Tulisan Ini